Connect with us

Baselo

dreaming garden

Opini

Filosofi Lipan

Suhu yang berubah ketika hujan turun mungkin bukan kondisi yang nyaman di sarang. Ditambah kemungkinan lapar dan minimnya makanan, memaksa lipan keluar sarang dan melakukan perburuan sebelum hujan membasahi bumi

Pernahkah kamu digigit atau disengat lipan? Saya kurang tahu apa yang dilakukan lipan sehingga membuat setiap orang meringis kesakitan, mengigit atau menyengat namun yang jelas saya pernah disengat kalajengking. Rasanya luar biasa hingga setitik jaringan kulit di jari saya menjadi rusak. Bagaimana dengan kamu, pernah mendapat perlakukan tidak menyenangkan dari lipan atau kalajengking dan sebangsanya?

Semalam adik saya menjadi korban pertama serangan lipan tahun ini. Tak lama terlelap, dia dikagetkan oleh kehadiran lipan yang merayap disekitar tangannya. Karena kaget dan tersentak, si lipan melakukan serangan mendadak yang gagal diantisipasi oleh adik. Alhasil sejumlah racun lipan menyesap masuk melalui lengan kurusnya.

Masalahnya adalah kenapa ada lipan? Kenapa mereka sampai berani menampakkan diri dan melancarkan serangan?

Saya mencoba membangun hipotesa yang langsung terbukti ketika hujan tiba-tiba turun dengan derasnya malam itu tak lama setelah adik digigit lipan.

Lipan mampu memprediksi perubahan suhu dan cuaca.

Begitulah. Suhu yang berubah ketika hujan turun mungkin bukan kondisi yang nyaman di sarang. Ditambah kemungkinan lapar dan minimnya makanan, memaksa lipan keluar sarang dan melakukan perburuan sebelum hujan membasahi bumi.

Hal serupa pernah saya saksikan pada suatu siang. Saat itu suhu udara begitu panas. Kalo ada AC dirumah mungkin saya bakal menyetelnya pada angka paling kecil.

Sekonyong-konyong saya kaget karena melihat seekor kalajengking berukuran jumbo sedang berdiam diri di dinding tak jauh dari posisi saya berdiri.

Si kalajengking tampak galau atau mungkin sedih karena dirudung masalah besar. Bukan lelucon karena memang si ekor beracun ini tidak melakukan gerakan agresif ketika saya menyerangnya. Dia tampah lelah, pasrah dan tak berdaya.

Mungkin suhu udara yang begitu gerah membuat kalajengking jadi frustasi hingga memaksanya keluar sarang.

Sampai disini hipotesa saya terbukti kan.

Oleh karena itu kita patut mewaspadai suhu dan cuaca ekstrem yang melanda negeri ini. Kadang hujan lebat disertai petir di siang hari, kadang bisa saja udara begitu menggairahkan menggerahkan di malam hari. Kondisi seperti tak hanya membuat manusia gelisah tetapi juga para binatang berbisa. Demi menghindari pertemuan tak ramah dengan mereka, penting bagi kita mengenal kondisi rumah, memastikan keamanannya dan tetap waspada.

Setuju?

Continue Reading
Comments

More in Opini

To Top