Connect with us

Baselo

Jangan Mengingkari Janji

Kultwit

Jangan Mengingkari Janji

Jangan Mengingkari Janji

Ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi sallallahu’alaihi wa sallam telah menunjukkan akan kewajiban memenuhi janji dan sumpah setia. Serta menjelaskan buruknya orang yang melanggarnya atau tidak menepatinya.

“Dan penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.’ SQ. Al-Isra’: 34. ‘dan penuhilah janji Allah.’” (QS. Al-An’am: 152)

Nash-nash dalam Kitab dan Sunnah banyak dan jelas petunjuknya akan kewajiban memenuhi janji dan haramnya melanggar dan berkhianat. Dalam Al-Quran disebutkan bahwa memenuhi janji termasuk sifat orang-orang bertakwa sekaligus sebab utama dalam menggapai ketakwaan. Allah Ta’ala berfirman,

(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya dan bertakwa, maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa.’ (QS. Ali Imran: 76)

Namun sangat disayangkan.. Banyak kaum Muslimin yang melanggar janji. Mereka berlaku khianat dan melanggar janji. Padahal hal tersebut termasuk karakter kenifakan dan kedurhakaan. Na’uzubillah.

Dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu’anhu berkata, Rasulullah sallallahu’alahi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang tidak menepati janji seorang muslim, maka dia mendapat laknat Allah, malaikat, dan seluruh manusia. Tidak diterima darinya taubat dan tebusan.” (HR. Bukhari, 1870 dan Muslim, 1370)

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu’anhuma dari Rasulullah sallallahu’alaihi wa salam bersabda,

“Sungguh, Allah akan tancapkan bendera bagi orang yang berkhianat di hari kiamat. Lalu dikatakan: ‘Ketahuilah ini adalah pengkhianatan di fulan.” (HR. Bukhari, no. 6178, dan Muslim, no. 1735)

Sahabat… Kita memohon kepada Allah agar senantiasa dijadikan orang-orang yang menepati janji dan sumpah setia. Serta kita berlindung dari pengkhianatan dan melanggar janji. Aamiin..

____
Koordinator Dakwah Merapi

Yuko
Siswanto Abu Tata
BBM 5E0EA868
WA/HP 08112576173

Continue Reading
Comments

More in Kultwit

  • Kultwit

    Arwah Nenek Moyang

    By

    Arwah Nenek Moyang ㅤ Nenek moyang kita yang sudah wafat, mereka berada di alam kubur dan...

  • Featured

    Bid’ah Dalam Perkara Duniawi

    By

    Bid’ah Dalam Perkara Duniawi Pertanyaan: Wahai Sahamatus Syaikh, saya tahu adanya batasan yang rinci dalam membedakan...

  • Featured

    Mengapa Allah Menciptakan Kita?

    By

    Mengapa Allah Menciptakan Kita? Allah menciptakan kita agar kita beribadah hanya kepada-Nya dan tidak menduakan-Nya dengan sesuatu apapun....

  • Kultwit

    Tauhid Terus, Sampai Kapan?

    By

    Tauhid Terus, Sampai Kapan? ㅤ ㅤ Sebagian kalangan beranggapan bahwa dakwah tauhid tidak rekevan pada zaman...

  • Featured

    Ilmu Syarat Sah Amal

    By

    Ilmu Syarat Sah Amal Mengapa harus berilmu sebelum beramal? Pada bagian inilah yang akan melengkapi bahwa...

To Top