Connect with us

Baselo

*Lu Memang Bukan Manusia

Pentingnya Impian

Kultwit

*Lu Memang Bukan Manusia

*Lu Memang Bukan Manusia

Lu mesti tahu, Mamang Tukang Bakso di gang depan, satu mangkok pakai telor, potongan daging ayam, dia jual Rp 10.000.

Keuntungan satu mangkok cuma Rp 5.000, setelah untuk belanja, bayar keamanan, dll. Maka, berapa mangkok yang dia harus jual biar punya duit Rp 1.000.000.000? Dia harus jual 200.000 mangkok. Dagangannya kadang ramai, lebih sering sepi.

Asumsi dia bisa jual sehari 50 mangkok, itu berarti dia butuh 4.000 hari, baru terkumpul duitnya (itupun kalau dia tabung semua, tidak buat biaya hidup sehari2).

Lu juga mesti tahu, Bibi pembantu rumah tangga di Bandung (misalnya), gaji sebulannya Rp 800.000. Maka, berapa bulan dia harus kerja biar dapat duit satu milyar? 1.250 bulan. Lailatul qadr saja cuma 1.000 bulan, dul.

Maka, situ enak banget. Duduk di kursi empuk, ruangan ber AC, pakaian rapi, sepatu kinclong. Lantas asyik2 bicara. “Gimana, cuy? Proyeknya 5 trilyun. Kita bagi dua ye. Yang 2,5 trilyun buat ongkos proyeknya betulan. Separuh lagi kita bancakan bareng2. Semua dapat.” Lantas tertawa, “Hehehehehe… setuju, bos. Lu atur gimana bagusnya. Pokoknya semua dapat.” Lantas tertawa lagi, “Kelar nih proyek, besok2 kita jalan2 ke LN, deh. Liburan.” Tertawa lagi, “Hehe…. Hehehe…. Hehehe….”

Enak banget idup lu, dul. Sementara, jutaan penduduk perkotaan Indonesia, berangkat subuh, pulang isya, hanya demi gaji Rp 3 hingga 4 juta.

Belum lagi di kampung2, jutaan petani berangkat saat masih gelap, menyadap karet, menanam padi, dsbgnya, hanya untuk penghasilan cukup makan seadanya. Lu? Enak banget, dul. Tunjangan dikasih. Gaji dikasih. Rumah dikasih. Semua dikasih. Dengan semua sudah dikasih, lu tetap embat juga duit rakyat? Astagfirullah.

Jutaan penduduk Indonesia, yg cinta banget sama negeri ini, tidak dibantu pemerintah, tdk dibantu politisi, cuma jadi korban setiap pemilu, mereka susah payah menyambung hidup. Eh, lu bagiin duit trilyunan kayak bagiin permen saja ke teman2 dekat lu.

Mudah banget kirim sana, kirim sini, bawa itu duit kemana2, yang itu semua cuma mimpi di atas mimpi bagi rakyat.

Duit yang seharusnya digunakan demi kemaslahatan mereka. Duit yg diperas dari keringat (pajak) mereka. Duit yang besok2 harus dicicil (kalau itu hutang), sama anak cucu mereka. Lu kemplang seenak udel lu saja.

Maaf gue harus bilang ini, dul, lu, sungguh nggak berperasaan. Hati lu sudah hitam membatu.

Lu, kayaknya memang bukan ‘manusia’ lagi.

*Tere Liye

Continue Reading
Comments

More in Kultwit

  • Kultwit

    Sifat Muslim yang Sempurna

    By

    SIFAT MUSLIM YANG SEMPURNA Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,...

  • Kultwit

    Ragu Apakah Keluar Kentut

    By

    Ragu Apakah Keluar Kentut ✒ Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, Msc حفظه الله تعالى. Sebagian orang dalam...

  • Kultwit

    Keutamaan Pedagang yang Jujur dan Amanah

    By

    Keutamaan Pedagang yang Jujur dan Amanah Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiallahu ‘anhu bahwa Rasuluillah shallallahu ‘alaihi...

  • Featured

    Buah Keimanan Kepada Takdir

    By

    BUAH KEIMANAN KEPADA TAKDIR Sahabat.. Sungguh berbahagialah orang yang pengimanan terhadap takdir Allah subhanahu wa ta’ala...

  • Kultwit

    Hilangnya Amanah

    By

    HILANGNYA AMANAH Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bagaimana diangkatnya amanah dari hati. Tidak ada yang...

To Top