Bersyukur Itu Sederhana, Jangan Bosan Lakukan Itu

Jangan bosen ya kalau saya masih bahas topik soal bersyukur.

Bersyukur itu sederhana kok, ini saya ambil contoh yang paling gampang aja deh..

Sudah selayaknya kita bersyukur kalau hidup masih diberikan kesempatan BINGUNG antara banyak pilihan.

Bingung mau makan apa?
Bingung mau pergi kemana?
Bingung mau pilih barang yang A atau yang B?
Bingung mau mulai bisnis A atau bisnis B?
Bingung mau sekolahin anak di sekolah A tau B?

Ini berarti kita sudah cukup secara finansial sampai kita jadi punya pilihan.

Bayangin kalau yang hidup nggak ada pilihan? Mau makan ayam goreng duit aja gak cukup, akhirnya cuma bisa makan nasi sama telor yang sudah menjadi sesuatu kemewahan tersendiri.

===

Rasa syukur itu penting, karena justru bukan karena kita hidupnya cukup maka kita bersyukur, tapi dengan bersyukur itulah, kita merasa hidup kita itu cukup,

Makanya kenapa seringkali orang yang terlalu berkecukupan, sakitnya malah aneh-aneh, entah depresi, atau kena narkoba,

karena lama-lama duit itu membosankan buat dia, segala sesuatunya mudah diraih.

Ibarat punya duit 100ribu di dompet, seenak-enaknya rasa makanan di lidah, antara Pecel Lele vs Grilled Salmon, perbandingannya mungkin sama saja enaknya,

Atau minum teh kotak vs ice lychee tea di resto mahal, enaknya juga sama saja di mulut.

Atau emotional memory yang terbentuk ketika pergi liburan ke Bali vs ke Eropa misalnya, rasa bahagianya sama.

Sehingga, ketika uang mulai banyak, sementara jiwa sudah melihat segala sesuatunya biasa saja, sulit menemukan sesuatu yang bisa bikin wow banget lagi,

mulailah aneh-aneh, nyoba hal baru yang negatif, atau buka bisnis ini, bisnis itu tanpa kendali dan kontrol yang baik.

===

Akan berbeda jika kita berpikir bahwa rejeki yang didapat semua adalah karunia Tuhan, dimana tugas kita adalah untuk terus memantaskan diri atas rejeki yang sudah dipercayakan ke kita.

Yaitu dengan menjadikan diri kita sebagai jembatan kebermanfaatan bagi yang membutuhkan.

===

Bosen mau makan apa, makan pizza bosen, makan KFC bosen,

nah coba deh, beliin pizza atau KFC buat anak-anak kantor (kalau kalian punya karyawan), lihat kegembiraan mereka bikin hati terasa penuh.

===

Bosen pergi ke sini, atau pergi ke situ buat Desember nanti, masih bingung mau pergi kemana untuk menghabiskan liburan.

Coba ajak orang tua untuk pergi ke tempat yang biasa kita kunjungi tapi ortu kita belum pernah, excitementnya akan berbeda.

===

Setelah orang-orang terdekat kita, coba perluas ke totally stranger, ke anak panti asuhan.

pernah gak terpikir untuk ajak anak-anak panti ke mall, belikan mereka sepatu atau baju baru sesuai pilihan mereka sendiri.

Rasa bahagia berbagi yang diawali dari rasa syukur dan keinginan untuk terus memantaskan diri atas karunia rejeki dari Tuhan, akan membuat hidupmu menjadi berarti.

===

Karena sebaik-baiknya manusia, adalah manusia yang bermanfaat bagi sesamanya.

Hidup akan menjadi berarti jika kita sendiri memiliki arti bagi sesama.

Semakin cepat kita bisa memiliki arti bagi sesama, semakin cepat kita akan merasakan bahagia itu.

 

___

Christina Lie